PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) BERBANTUAN MEDIA QUESTIONS BOX TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD

Authors

  • Ni Kd. Ayu Mertini, Md. Suarjana, I Kd. Suartama

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.749

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara kelompok siswa yang mengikuti strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange berbantuan media questions box dan kelompok siswa yang mengikuti strategi pembelajaran konvensional pada siswa kelas V di Gugus VI Kecamatan Sawan tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent post-test only control group design. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus VI Kecamatan Sawan. Sampel diambil dengan cara teknik random class sampling dan diperoleh siswa kelas V SD Negeri 4 Sangsit sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SD Negeri 8 Sangsit sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan adalah hasil belajar matematika dengan menggunakan tes objektif tipe pilihan ganda dan selanjutnya  data tersebut dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok siswa yang mengikuti strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange berbantuan media questions box dan kelompok siswa yang mengikuti strategi pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika dengan thitung=10,08>ttabel=1,684. Berdasarkan temuan itu, dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange berbantuan media questions box berpengaruh terhadap hasil belajar matematika, dan strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange lebih baik dibandingkan dengan strategi pembelajaran konvensional.

 

Kata kunci: RTE, questions box, hasil belajar

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Kd. Suartama, N. K. A. M. M. S. (2013). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) BERBANTUAN MEDIA QUESTIONS BOX TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.749

Issue

Section

Articles