KONTRIBUSI KEBIASAAN BELAJAR DAN KONSEP DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR INTI KECAMATAN JEMBRANA

Authors

  • Ni Md Novi Indrayani D, Ni Nym Garminah, I Nym. Jampel

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.750

Abstract

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kontribusi kebiasaan belajar dengan prestasi belajar, (2) kontribusi konsep diri dengan prestasi belajar dan, (3) kontribuai kebiasaan belajar dan konsep diri terhadap prestasi belajar siswa kelas IV di Sekolah Dasar Inti Kecamatan Jembrana tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah ex-post facto yang berupaya untuk mengetahui derajat keterhubungan antara variabel bebas dan variael terikat. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Inti Kecamatan Jembrana tahun pelajaran 2012/2013 sejumlah 189 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah “Proprosional Random Sampling” dengan menggunakan rumus Cochran, dengan jumlah sampel sebanyak 127 orang. Data kebiasaan belajar dan konsep diri dikumpulkan dengan metode kuesioner, sedangkan data prestasi belajar dikumpulkan dengan metode pencatatan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat kontribusi antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar siswa, korelasi sebesar 0,70, sumbangan 49%, (2) terdapat kontribusi antara konsep diri dengan prestasi belajar siswa, korelasi sebesar 0,68, sumbangan 46,24, dan (3) terdapat kontribusi antara kebiasaan belajar dan konsep diri terhadap prestasi belajar siswa, korelasi sebesar 0,854, dengan sumbangan sebesar 60%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut kebiasaan belajar dan konsep diri memberikan kontribusi terhadap prestasi belajar

 

Kata-kata kunci:   kebiasaan belajar, konsep diri, prestasi belajar.

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Nym. Jampel, N. M. N. I. D. N. N. G. (2013). KONTRIBUSI KEBIASAAN BELAJAR DAN KONSEP DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR INTI KECAMATAN JEMBRANA. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.750

Issue

Section

Articles