PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MENULIS BAHASA INDONESIA

Sanny Pratama ., Dra. Ni Nyoman Ganing, M.Hum ., Dr. M.G. Rini Kristiantari,M.Pd .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar keterampilan menulis Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 18 Sesetan Pemecutan Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 18 Sesetan Tahun Pelajaran 2015/2016, sebanyak 37 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan memberikan tes perbuatan (performance). Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis statistik kuantitatif. Analisis data dilakukan dengan membandingkan hasil dari siklus I dan siklus II. Penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar keterampilan menulis Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 18 Sesetan Tahun Pelajaran 2015/2016 sebesar 13,22%. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata persentase hasil belajar keterampilan menulis Bahasa Indonesia siswa pada siklus I sebesar 67,70% dengan kriterian sedang menjadi sebesar 80,92% pada siklus II yang ada pada kriteria tinggi. Dengan demikian penerapan pendekatan saintifik berbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan menulis Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 18 Sesetan Tahun Pelajaran 2015/2016.

Kata Kunci : media gambar, hasil belajar keterampilan menulis Bahasa Indonesia

This study aims to determine the learning outcome Indonesian writing skills class V students of primary school 18 Sesetan acceleration in the academic year 2015/2016. This research uses classroom action research (PTK) is conducted in two cycles. The subjects were fifth grade students of SDN 18 Sesetan in the school year 2015/2016, a total of 37 students. Collecting data in this study is done by giving the test works (performance). In this study using quantitative statistical analysis methods. The data analysis is done by comparing the results of the first cycle and the second cycle. Research shows that there is a learning outcome Indonesian writing skills class V students of SDN 18 Sesetan in the school year 2015/2016 amounted to 13.22%. It can be seen from the increase in the average percentage of learning outcomes Indonesian writing skills of students in the first cycle of 67.70% with moderate kriterian amounted to 80.92% in the second cycle which is on high criteria. Thus the application of a scientific approach aided image media to improve learning outcomes Indonesian writing skills class V students of SDN 18 Sesetan in academic year 2015/2016.

keyword : images, learning outcomes writing skills Indonesian

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7502

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 5 Mimbar PGSD    Crossref



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.