Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe GI Dengan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar PKn

Ketut Fina Kristina ., Drs. I Wayan Romi Sudhita,M.Pd. ., Drs. I Ketut Dibia,S.Pd, M.Pd .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar PKn siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dengan metode Role Playing pada mata pelajaran PKn kelas IV di SD Negeri 3 Ambengan tahun pelajaran 2015/2016. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Ambengan tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 23 orang, terdiri dari 13 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Prosedur penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, tiap-tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Pengumpulan data motivasi belajar menggunakan metode observasi dan pengumpulan data hasil belajar PKn siswa menggunakan metode tes berupa soal obyektif pilihan ganda. Data motivasi belajar dan hasil belajar PKn siswa yang terkumpul dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dapat dilihat dari peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar PKn siswa dari siklus I sampai siklus II. Pada siklus I persentase motivasi belajar PKn siswa adalah 67,73 (kategori sedang) dan meningkat pada siklus II menjadi 79,56 (kategori tinggi). Dan hasil belajar PKn siswa adalah 53,69% (kategori sangat rendah) dan meningkat pada siklus II menjadi 80,65% (kategori tinggi). Jadi dapat disimpulkan bahwa, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dengan metode Role Playing dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar PKn siswa kelas IV semester Genap tahun pelajaran 2015/2016 di SD Negeri 3 Ambengan.
Kata Kunci : GI, Role Playing, motivasi, hasil belajar

This research was aimed to determine student’s motivation in learning and PKn learning result after the implementation of cooperative learning model type Group Investigation with Role Playing method in learning PKn at fourth grade of SD Negeri 3 Ambengan in academic year 2015/2016. The subjects of this research were the students at fourth grade of SD Negeri 3 Ambengan in academic year 2015/2016 the total was 23 students, they were consist with 13 boys dan 10 girls.
The procedure of this research was classroom action research that conducted in two cycles, each cycle consists of four stages that were implementation, execution, observation/evaluation, and reflection. Data of motivation in learning collected by using observation method and data of PKn learning result collected by using test method. The data of student’s motivation and PKn learning result were analyzed by using quantitative descriptive analysis method. The result of this research indicate by determine of student’s motivation in learning and PKn learning result from first cycle to second cycle. The first cycle, the percentage of student’s motivation in learning PKn is 67,73 (medium category) and increase to 79,56 (high category) at second cycle. Data of student’s PKn learning result is 53,69% (very low category) and increase to 80,65% (high category) at second cycle. The conclusion of this research indicate that the implementation of cooperative learning model type Group Investigation with Role Playing method in learning PKn can increase the student’s motivation in learning and PKn learning result at fourth grade in second semester of academic year 2015/2016 in SD Negeri 3 Ambengan.

keyword : GI, Role Playing, motivation, learning result

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7504

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 5 Mimbar PGSD    Crossref



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.