PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS III SD

Authors

  • Kd. Tia Lestari, Ni Kt. Suarni, I Wyn. Suwatra

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.752

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan hasil belajar IPS siswa kelompok eksperimen yang dibelajarkan dengan model pembelajaran word square, (2) mendeskripsikan hasil belajar IPS siswa kelompok kontrol yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional, dan (3) mengetahui perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPS siswa pada kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran word square dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri di Desa Tejakula tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah 175 siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri 1 Tejakula dengan jumlah 23 siswa dan SD Negeri 2 Tejakula dengan jumlah 24 siswa. Data yang dikumpulkan adalah hasil belajar IPS. Bentuk tes hasil belajar IPS yang digunakan adalah esai. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian menemukan bahwa (1) hasil belajar IPS siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran word square dengan mean (M) = 29 termasuk dalam kategori tinggi, (2) hasil belajar IPS siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional dengan mean (M) = 22,22 termasuk dalam kategori sedang, (3) terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar IPS siswa antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran word square dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional (thitung=4,19 ; ttabel=2,02 sehingga thitung > ttabel). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran word square berpengaruh untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa.

 

Kata kunci: pembelajaran word square, pembelajaran konvensional, hasil belajar

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Wyn. Suwatra, K. T. L. N. K. S. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS III SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.752

Issue

Section

Articles