PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) BERBANTUAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TEMA TEMPAT TINGGALKU SISWA KELAS IVB SD NEGERI 6 KESIMAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Authors

  • Ni Luh Sri Rahayu .
  • DB.KT.NGR. Semara Putra,S.Pd., M.For. .
  • Dra. Ni Wayan Suniasih,S.Pd, M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7525

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media konkret. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek terteliti siswa kelas IVB SD Negeri 6 Kesiman Tahun Ajaran 2015/2016 berjumlah 33 orang. Tindakan dilakukan dalam 2 siklus. Siklus I terdiri atas 4 pertemuan dan siklus II terdiri atas 4 pertemuan. Setiap pertemuan dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Objek penelitian adalah hasil belajar IPA meliputi kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan dalam belajar IPA. Metode pengumpulan data digunakan metode observasi untuk mengumpulkan data kompetensi sikap dan keterampilan dalam belajar IPA dan metode tes untuk mengumpulkan data kompetensi pengetahuan IPA. Data dianalisis dengan analisis statistik deskriptif, analisis deskriptif kuantitatif, dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media konkret dapat menumbuhkan kompetensi sikap dalam belajar IPA, hal ini teramati dari bertambahnya kuantitas siswa dari siklus I sebanyak 76,26% dan siklus II sebanyak 86,86% meningkat sebesar 10,6% yang mencapai indikator kompetensi sikap yang telah ditentukan Kompetensi pengetahuan IPA siswa pada siklus I sebanyak 72,18% dan siklus II menjadi 86,04% meningkat sebesar 13,86% dengan predikat sangat baik. Terjadi juga perubahan kuantitas siswa yang memenuhi indikator kompetensi keterampilan dalam belajar IPA dari siklus I sebanyak 50,9% dan siklus II sebanyak 68,48% meningkat sebesar 17,58%. Dengan demikian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar IPA tema tempat tinggalku siswa kelas IVB SD Negeri 6 Kesiman tahun ajaran 2015/2016.
Kata Kunci : pbm,media konkret, ipa

This study aims to improve students' science learning outcomes through the application of problem-based learning model aided concrete media. This research is a classroom action research (PTK) with the subject terteliti graders Kesiman IVB Elementary School 6 Academic Year 2015/2016 amounted to 33 people. Actions performed in two cycles. First cycle consisted of 4 meetings and the second cycle consists of 4 meetings. Each meeting starts from planning, implementation, observation, and reflection. The object of research is the result of learning science competencies include attitudes, knowledge competence, and competence skills in learning science. Data collection method used observation method to collect data competence attitudes and skills in learning science and the test method to collect data competence IPA knowledge. Data were analyzed with descriptive statistical analysis, descriptive analysis of quantitative and qualitative descriptive analysis. The results showed that the application of problem-based learning model aided concrete media can foster competence in the attitude to learn science, it is observed from the increased quantity of students of the first cycle as much as 76.26% and the second cycle as much as 86.86% which increased by 10.6% achieve competence indicator predetermined attitude competence IPA knowledge of students in the first cycle as much as 72.18% and 86.04% second cycle be increased by 13.86% with excellent predicate. Occurs also change the quantity of students who meet the indicators of competence in learning science skills of the first cycle as much as 50.9% and the second cycle as much as 68.48% increase of 17.58%. Thus concluded that the application of problem-based learning model aided concrete media to improve learning outcomes IPA theme of my place IVB grade students of SD Negeri 6 Kesiman the academic year 2015/2016.
keyword : pbm, concrete media, science

Published

2016-07-15

How to Cite

., N. L. S. R., ., D. S. P. M., & ., D. N. W. S. M. (2016). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) BERBANTUAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TEMA TEMPAT TINGGALKU SISWA KELAS IVB SD NEGERI 6 KESIMAN TAHUN AJARAN 2015/2016. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7525

Issue

Section

Articles