PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD GUGUS I KECAMATAN BULELENG

Authors

  • L. Ayu Dewi Mastika, I Nym. Jampel, Nym. Kusmariyatni

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.755

Abstract

Abstrak

IPA merupakan mata pelajaran yang sangat penting untuk dibelajarkan dari sejak SD sebab IPA merupakan dasar teknologi, sedangkan teknologi disebut sebagai tulang punggung pembangunan. Namun, berdasarkan hasil observasi di SD gugus I Kecamatan Buleleng, hasil belajar IPA masih banyak di bawah KKM. Guru lebih banyak ceramah dan kurang melibatkan siswa, sehingga pembelajaran menjadi kurang bermakna bagi siswa. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan model explicit instruction berbantuan media gambar dengan siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional pada siswa kelas V tahun pelajaran 2012/2013 di Gugus I Kecamatan Buleleng. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Rancangan penelitian yang digunakan adalah non-equivalent posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di gugus I Kecamatan Buleleng yang berjumlah 242 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Data hasil belajar dikumpulkan dengan menggunakan tes isian. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: Hasil belajar IPA siswa kelompok eksperimen tergolong tinggi dengan rata-rata (M) 16,48. Hasil belajar IPA siswa kelompok kontrol tergolong sedang dengan rata-rata (M) 14,45. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung > ttabel, thitung = 2,374 dan ttabel = 2,000). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA siswa kelas V SD gugus I antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Explicit Instruction berbantuan media gambar dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran model konvensional.

 

Kata kunci: model pembelajaran explicit instruction, hasil belajar IPA, media gambar

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

Nym. Kusmariyatni, L. A. D. M. I. N. J. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD GUGUS I KECAMATAN BULELENG. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.755

Issue

Section

Articles