PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS ASSESMENT PORTOFOLIO BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS

Ni Putu Oki Lestari Ningsih ., Drs. Made Putra, M.Pd ., Dra. Ni Nyoman Ganing, M.Hum .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untukmengetahui perbedaan yang signifikan Pendekatan Saintifik Berbasis Assesment Portofolio dengan Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS dengan Siswa Kelas IV SD Gugus Sri Kandi Tahun Ajaran 2015/2016 Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah 11 kelas IV di Gugus Sri Kandi Denpasar Timur Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 399 orang. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas IVA SD Negeri09 Sumerta yang berjumlah 38orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IVB SD Negeri 13 Kesiman yang berjumlah 40 orang sebagai kelas kontrol. Data Hasil Belajar IPSsiswa dikumpulkan dengan instrumen tes berbentuk Essay. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistikuji-t.Hasil analisis menggunakan uji-t menunjukkan, thitung = 6.22dan ttabel (pada taraf signifikansi 5%) = 1.99.Hal ini berarti bahwa thitung =6.22>ttabel (α=1,99) = 2,00,sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Assesment Portofolio dengan Hasil Belajar IPS konvensional pada siswa kelas IV di SD Gugus Sri Kandi Denpasar Timur Tahun Ajaran 2015/2016.Dari rata-rata (X ̅) hitung data Hasil Belajar IPSsiswa kelas IV, diketahui X ̅kelompok eksperimen adalah 85.22dan X ̅kelompok kontrol adalah71.74Hal ini berarti bahwa X ̅eksperimen >(X ) ̅kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaranAssesment Portofolio berpengaruh terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV SD Gugus Sri Kandi Denpasar Timur Tahun Ajaran 2015 /2016.Penelitian ini bertujuan untukmengetahui perbedaan yang signifikan Pendekatan Saintifik Berbasis Assesment Portofolio dengan Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS dengan Siswa Kelas IV SD Gugus Sri Kandi Tahun Ajaran 2015/2016 Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah 11 kelas IV di Gugus Sri Kandi Denpasar Timur Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 399 orang. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas IVA SD Negeri09 Sumerta yang berjumlah 38orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IVB SD Negeri 13 Kesiman yang berjumlah 40 orang sebagai kelas kontrol. Data Hasil Belajar IPSsiswa dikumpulkan dengan instrumen tes berbentuk Essay. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistikuji-t.Hasil analisis menggunakan uji-t menunjukkan, thitung = 6.22dan ttabel (pada taraf signifikansi 5%) = 1.99.Hal ini berarti bahwa thitung =6.22>ttabel (α=1,99) = 2,00,sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Assesment Portofolio dengan Hasil Belajar IPS konvensional pada siswa kelas IV di SD Gugus Sri Kandi Denpasar Timur Tahun Ajaran 2015/2016.Dari rata-rata (X ̅) hitung data Hasil Belajar IPSsiswa kelas IV, diketahui X ̅kelompok eksperimen adalah 85.22dan X ̅kelompok kontrol adalah71.74Hal ini berarti bahwa X ̅eksperimen >(X ) ̅kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaranAssesment Portofolio berpengaruh terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV SD Gugus Sri Kandi Denpasar Timur Tahun Ajaran 2015 /2016.
Kata Kunci : pendekatan saintifik, assessment portofolio, audio visual

This research aims to determine the significant difference about Pendekatan Saintifik Berbasis Assesment Portofolio dengan Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS dengan Siswa Kelas IV SD Gugus Sri Kandi Tahun Ajaran 2015/2016. This reasearch is a kind of apparent experiment research, with research design Nonequivalent Control Group Design. The population of this research are from eleven fourth grade at Sri Kandi cluster east of Denpasar, school year 2015/2016 which amounted 395 peoples. The sample of this research are the students from public elementary school 09 Sumerta, fourth grade A which amounted 38 students as an experiment class and the students from Public Elementary School 13 Kesiman, fourth grade B which amounted 40 students as a control class. The students IPS data learning result is collected by instrument test in essay. The data that has been collected and then analyzed by using statistic analyze uji-t. The analyze result that used uji-t shown, thitung = 6.22 dan ttabel(on the significant level 5%) = 1.99. in this case thitung =6.22 >ttabel (α=1,99) = 2,00, So it can be concluded that there is a significant diference between students who teached using learning model Assesment Portofolio with IPS learning result konvensional to the students at elementary school Gugus Sri Kandi, grade fourth, east Denpasar, school year 2015/2016.
From the average of the (X) calculation,the result of the IPS learning data from fourth grade students, it is known that X experiment group is 85.22 and control group is 71.74. it is mean that X experiment > X control, so we can concluded that the applied of the learning model Assesment Portofolio berpengaruh terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV SD Gugus Sri Kandi Denpasar Timur Tahun Ajaran 2015 /2016.
keyword : saintific approach, assessment portofolio, audio visual

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i2.7568

Article Metrics

Abstract view : 214 times
PDF file view : 214 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 5 Mimbar PGSD    Crossref GARUDA MIMBAR PGSD Undiksha



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.