PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TPS BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN PUZZEL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV

Ni Kadek Susi Oktapiani ., I Made Citra Wibawa, S.Pd., M.Pd. ., Dra. Ni Nyoman Garminah, M.Hum .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair square berbantuan media permainan puzzle dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV Gugus X Kecamatan Buleleng dan Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV Gugus X Kecamatan Buleleng dan Kabupaten Buleleng yang berjumlah 79 orang. Sampel penelitian ini adalah kelas IV SDN 1 Kaliuntu yang berjumlah 29 orang dan siswa kelas IV SDN 2 Kaliuntu yang berjumlah 17 orang. Data hasil belajar dikumpulkan dengan menggunakan tes isian. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe think pair square berbantuan media permainan puzzle dan siswa yang mengikuti pembelajaran model pembelajaran konvensional. Hasil perhitungan rata-rata hasil belajar IPA kelompok ekperimen adalah 17,03 lebih besar dari rata-rata hasil belajar IPA kelompok kontrol sebesar 5,58. Adanya perbedaan yang signifikan menunjukkan bahwa pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe think pair square berbantuan media permainan puzzle berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.
Kata Kunci : Think Pair Square, Hasil belajar IPA, Puzzle

This study aims to determine differences in learning outcomes between students who take science learning with cooperative learning model Think Pair square puzzle game media aided and students following the study with conventional learning models grade four cluster X district of Buleleng of Buleleng regency Academic Year 2015/2016. The study was quasi-experimental research. Even semester was class of four grade student in Elementary School of cluster X of Buleleng district and Buleleng regency totaling to 79 students. The study sample were four grade student in SDN 1 Kaliuntu totaling 29 students and four grade student of SDN 2 Kaliuntu totaling 17 students. The result of this study collected by using field test. The data obtained were analyzed using descriptive statistical analysis techniques and inferential statistics, namely t-test. The results of this study indicate that there was differences in science learning outcomes significantly between students who take lessons with contextual learning model and students who take learning with conventional learning models on four grade. Comparison of the results of the calculation of the average results of science learning experiment group was 17.03 higher than the average science learning outcomes for the control group 5.58. The existence of a significant difference suggests that cooperative learning model Think Pair Square media aided puzzle game affect student science learning outcomes compared with conventional learning models.
keyword : Think Pair Square,science learning outcomes, Puzzle

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i2.7646

Article Metrics

Abstract view : 309 times
PDF file view : 369 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 5 Mimbar PGSD    Crossref GARUDA MIMBAR PGSD Undiksha



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.