PENERAPAN METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V

Authors

  • I Kadek Nova Kurnia Tustyana .
  • Drs. I Ketut Dibia,S.Pd, M.Pd .
  • Dra. Nyoman Kusmariyatni,S.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i2.7651

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V dalam mata pelajaran IPA pada penerapan metode demonstrasi berbantuan media gambar; (2) Meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui penerapan metode demonstrasi berbantuan media gambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dalam bentuk siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Nomor 6 Benoa Kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Badung tahun pelajaran 2015/2016, yang berjumlah 25 orang siswa. Objek dari penelitian ini yaitu aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Data aktivitas belajar dikumpulkan menggunakan instrumen berbentuk lembar observasi dan data hasil belajar menggunakan tes soal pilihan ganda. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan nilai rata-rata aktivitas belajar siswa yaitu 71,2 kategori cukup aktif, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu 71,4 kategori sedang. Namun, hasil ini belum mencapai kriteria keberhasilan. Selanjutnya, pada siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata aktivitas belajar siswa yaitu 80,39 kategori aktif, kualitas peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 0,31 kategori sedang. Sedangkan, nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu 81,6, kualitas peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 0,35 kategori sedang. Hasil pelaksanaan tindakan siklus II telah mencapai kriteria keberhasilan penelitian. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Terjadi peningkatan aktivitas belajar saat diterapkannya metode demonstrasi berbantuan media gambar. (2) Terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan metode demonstrasi berbantuan media gambar.
Kata Kunci : aktivitas belajar, demonstrasi, hasil belajar

This study aims to: (1) improve the activity of students of class V in Science on the application of media-assisted method of demonstration images, (2) improve students learning outcomes in Science subjects though the application of media-assisted method of demonstration images. This study is a classroom action research. Implementation of this research was conducted in the form of a cycle. The subjects of this study were students of class V in elementary school number 6 Benoa districts of Kuta Selatan regency of Badung academic year 2015/2016, total of 25 students. The object of this study is learning activity and students learning outcomes. Method of data collected was an instrument worksheet observation and multiple-choice.The result of cycle I showed the average value students learning activity 71,2 enough active category, while the average value students learning is 71,4 medium category. But, the result has not reached success criteria. Further, the result of cycle II occur enhancement the average value students learning activity is 80,39 active category. Quality improving students learning activeness from cycle I and cycle II of 0,31 medium category. While, the average value students learning outcomes is 81,6, quality improving students learning outcomes from cycle I and cycle II of 0,35 medium category. The result implementation of cycle II has achieved success criteria research. Based on data analysis, can be conclude as follows: (1) an enhancement in learning activity when the implementation of media-assisted method of demonstration images. (2) An enhancement in students learning outcomes after application of media-assisted method of demonstration image.
keyword : learning activity, demonstration, learning outcomes

Published

2016-07-20

How to Cite

., I. K. N. K. T., ., D. I. K. D. M., & ., D. N. K. (2016). PENERAPAN METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i2.7651

Issue

Section

Articles