PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN LAKON WAYANG KULIT TERHADAP WAWASAN NILAI KARAKTER SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS V SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.773Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan yang signifikan wawasan nilai karakter kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran bermain peran lakon wayang kulit dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran PKn kelas V SD Negeri 1 Sangsit Semester II Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Negeri 1 Sangsit. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas Va yang berjumlah 41 orang dan siswa kelas Vb yang berjumlah 40 orang. Data wawasan nilai karakter dikumpulkan dengan menggunakan tes objektif. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian ini yaitu: (1) Wawasan nilai karakter siswa kelompok eksperimen tergolong sangat tinggi dengan rata-rata 34,78. (2) Wawasan nilai karakter siswa kelompok kontrol tergolong tinggi dengan rata-rata 28,93. (3) Terdapat perbedaan yang signifikan wawasan nilai karakter kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran bermain peran lakon wayang kulit dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran PKn kelas V SD Negeri 1 Sangsit Semester II Tahun Pelajaran 2012/2013. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran bermain peran lakon wayang kulit berpengaruh positif terhadap wawasan nilai karakter siswa.
Kata-kata kunci: bermain peran, wayang, nilai karakter
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)