HUBUNGAN ANTARA LATAR BELAKANG SOSIAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 10 SANUR
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.774Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara: (1) latar belakang sosial siswa dan prestasi belajar, (2) motivasi belajar dan prestasi belajar, (3) secara bersama-sama antara latar belakang sosial dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 10 Sanur tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Negeri 10 Sanur tahun pelajaran 2012/2013, yang berjumlah 113 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan teknik sampel jenuh sehingga sampel berjumlah 113 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode kuesioner dan pencatatan dokumen. Latar belakang sosial dan motivasi belajar diperoleh dengan metode kuesioner. Prestasi belajar diperoleh dengan metode pencatatan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan tiga hal. Pertama, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara latar belakang sosial dan prestasi belajar siswa dengan korelasi sebesar 0,697. Kedua, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan prestasi belajar siswa dengan korelasi sebesar 0,34. Ketiga, secara bersama-sama terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara latar belakang sosial dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa dengan korelasi sebesar 0,724. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh latar belakang sosial dan motivasi belajar.
.
Kata-kata kunci: latar belakang sosial, motivasi belajar, prestasi belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)