PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REASONING AND PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD DI GUGUS VIII KECAMATAN UBUD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.776Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran Reasoning And Problem Solving dan siswa yang belajar dengan model Direct Instruction pada siswa kelas V SD di gugus VIII Kecamatan Ubud Kabupaten Gianyar tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan rancangan penelitian posttest only non-equivalent control group design. Populasi penelitian terdiri dari 5 kelas SD di gugus VIII Kecamatan Ubud Kabupaten Gianyar. Sampel ditentukan sebanyak 2 kelas yang dipilih dengan cara simple group random sampling. Data hasil belajar matematika siswa, dikumpulkan dengan metode tes dan instrumen tes hasil belajar matematika dalam bentuk tes essay yang terdiri dari 5 butir tes. Data dianalisis secara deskriptif menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil uji analisis menunjukkan bahwa, nilai rata-rata siswa yang mengikuti pembelajaran model Reasoning And Problem Solving adalah 18,79, sedangkan nilai rata-rata siswa yang mengikuti pembelajaran Direct Instruction adalah 14,59. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t diperoleh thitung (4,11) > ttabel (2,000), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran Reasoning And Problem Solving dan siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction.
Kata-kata kunci: Reasoning And Problem Solving, Direct Instruction, hasil belajar matematika
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)