IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 TINGA-TINGA

I Dw. A. Pt. Sulistyani, I Nym. Murda, Kt. Dibia

Abstract


Abstrak

Proses pembelajaran IPA yang berlangsung di kelas IV SD Negeri 3 Tinga-Tinga masih belum optimal. Hal ini terbukti dari masih rendahnya pencapaian hasil belajar siswa dengan rerata masih di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA setelah menerapkan model pembelajaran talking stick pada siswa kelas IV semester II tahun pelajaran 2012/2013 di SD Negeri 3 Tinga-Tinga Kecamatan Gerokgak Kabupaten Buleleng. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SD Negeri 3 Tinga-Tinga tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif. Pada siklus I, persentase tingkat hasil belajar siswa adalah 66,80% dengan kategori sedang, sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 73,33%. Ini berarti, ketuntasan belajar siswa belum mencapai kriteria keberhasilan karena masih di bawah 75%. Pada siklus I, persentase tingkat hasil belajar siswa adalah 85,47% dengan kategori tinggi. Selain itu, persentase ketuntasan belajar telah mencapai 100%, ini berarti ketetapan ketuntasan belajar 75% sudah tercapai. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat peningkatan hasil belajar IPA siswa sebesar 18,67% dari hasil belajar IPA siswa pada siklus I sebesar 66,80% yang berada pada kategori sedang menjadi 85,47% pada siklus II yang berada pada kategori tinggi dan (2) ketuntasan belajar pada siklus I yaitu 73,33% mengalami peningkatan sebesar 26,67% menjadi 100%.

 

Kata-kata kunci: model pembelajaran talking stick, hasil belajar.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.777

Article Metrics

Abstract view : 411 times
PDF file view : 549 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 5 Mimbar PGSD    Crossref GARUDA MIMBAR PGSD Undiksha



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.