PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TTW BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 POHSANTEN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.778Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui deskripsi hasil belajar IPA siswa kelompok kontrol yang mengikuti pembelajaran konvensionl, (2) mengetahui deskripsi hasil belajar IPA siswa kelompok eksperimen yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe think talk write (TTW) berbasis kearifan lokal, (3) mengetahui perbedaan hasil belajar IPA siswa antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe think talk write (TTW) berbasis kearifan lokal dengan kelompok siswa yang melaksanakan pembelajaran menggunakan pembelajaran konvensional.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian berjumlah 56 orang dari siswa kelas IV SD Negeri 1 Pohsanten Kabupaten Jembrana. Sampel penelitian ini kelas IVA berjumlah 29 orang dari kelompok eksperimen dan 27 orang dari kelas IVB sebagai kelompok kontrol di SD Negeri 1 Pohsanten. Data hasil belajar dikumpulkan dengan menggunakan metode tes pilihan ganda. Data diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis tipe statistik deskriptif dan statistik inferensial uji-t. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: (1) hasil belajar IPA siswa kelompok eksperimen tergolong sangat tinggi dengan rata-rata 21,96, (2) hasil belajar IPA siswa kelompok kontrol tergolong sedang dengan rata-rata 16,81. (3) Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA siswa kelas IV semester II di SD Negeri 1 Pohsanten antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe think talk write (TTW) berbasis kearifan lokal dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (thitung > ttabel, thitung = 4,12 dan ttabel = 2,00).
Kata-kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe TTW, kearifan lokal, hasil belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)