PENGARUH PENDEKATAN SAVI BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DI SD NO. 1 SEPANG KELOD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.783Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan hasil belajar IPA siswa sebelum diterapkan pendekatan SAVI berbantuan media visual, (2) mendeskripsikan hasil belajar IPA siswa sesudah diterapkan pendekatan SAVI berbantuan media visual, (3) mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA siswa antara sebelum dan sesudah diterapkan pendekatan SAVI berbantuan media visual. Prosedur penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain pre-test and post-test desain dan sampel sebanyak 32 orang. Data hasil belajar dikumpulkan dengan menggunakan metode tes dengan instrumen tes pilihan ganda satu jawaban benar. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan teknik uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) deskripsi data hasil belajar IPA siswa sebelum diterapkan pendekatan SAVI berbantuan media visual berada pada kategori sedang dengan rata-rata 19,75, (2) deskripsi data hasil belajar IPA siswa sesudah diterapkan pendekatan SAVI berbantuan media visual berada pada kategori sangat tinggi dengan rata-rata 35,75, (3) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA siswa antara sebelum dan sesudah diterapkan pendekatan SAVI berbantuan media visual dengan thitung = 28,986 > ttabel = 2,000 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari pendekatan SAVI berbantuan media visual terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV semester genap tahun pelajaran 2012/2013 di SD No. 1 Sepang Kelod, Kecamatan Busungbiu, Kabupaten Buleleng.
Kata-kata kunci: SAVI, media visual, hasil belajar IPA.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)