PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KETERAMPILAN BERBICARA KELAS IV SDN 2 TIHINGAN

Authors

  • Ni Md. Ayu Widiantari, Kt. Pudjawan, I Gst. Ngurah Japa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.785

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan keterampilan berbicara siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV semester I SDN 2 Tihingan tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 2 Tihingan yang berjumlah 17 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode kuisioner dan metode tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan metode analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terjadi peningkatan motivasi belajar siswa dari rata-rata 73 pada siklus I menjadi rata-rata 84 pada siklus II, (2) terjadi peningkatan rata-rata kemampuan keterampilan berbicara siswa dari rata-rata 71 pada siklus I menjadi 86,47 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV semester I SDN 2 Tihingan tahun pelajaran 2012/2013 dapat meningkatkan motivasi dan keterampilan berbicara siswa.

 

Kata-kata kunci: model TGT, motivasi, berbicara

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Gst. Ngurah Japa, N. M. A. W. K. P. (2013). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KETERAMPILAN BERBICARA KELAS IV SDN 2 TIHINGAN. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.785

Issue

Section

Articles