PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM BERBASIS KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD DI GUGUS II KECAMATAN BULELENG
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.786Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kualitas hasil belajar IPA siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran quantum berbasis kontekstual, (2) mendeskripsikan kualitas hasil belajar IPA siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional, (3) mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran quantum berbasis kontekstual dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi penelitian berjumlah 158 siswa. Sampel penelitian yaitu SD No. 1 Penarukan berjumlah 40 siswa dan SD No. 4 Penarukan berjumlah 40 siswa. Data hasil belajar IPA dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kualitas hasil belajar IPA siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran quantum berbasis kontekstual tergolong sangat tinggi, (2) kualitas hasil belajar IPA siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional tergolong tinggi, (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran quantum berbasis kontekstual dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian model pembelajaran quantum berbasis kontekstual berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas IV tahun pelajaran 2012/2013 di SD Gugus II Kecamatan Buleleng.
Kata kunci: model pembelajaran quantum, kontekstual, hasil belajar IPA.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)