PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IV SD GUGUS IV KECAMATAN TABANAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.790Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penguasaan kosakata Bahasa Inggris pada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional, (2) mendeskripsikan penguasaan kosakata Bahasa Inggris pada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Teams Games Tournament, (3) mengetahui perbedaan yang signifikan penguasaan kosakata Bahasa Inggris antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament dan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi penelitian yaitu siswa kelas IV SD di Gugus IV Kecamatan Tabanan berjumlah 196 orang. Sampel penelitian yaitu siswa kelas IV SD No. 4 Dajan Peken dan SD No. 6 Dajan Peken berjumlah 81 orang. Data penguasaan kosakata Bahasa Inggris dikumpulkan dengan metode berbentuk tes pilihan ganda. Hasil tes yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan kosakata Bahasa Inggris diperoleh (1) hasil post-test kelompok kontrol cenderung sedang dengan Mo<Md<M (16,50<16,66<16,99), (2) data hasil post-test kelompok eksperimen cenderung tinggi dengan Mo>Md>M (22,18>21,30>20,60), (3) thit adalah 2,82 dan ttab (pada taraf signifikansi 5%) adalah 1,99. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan penguasaan kosakata Bahasa Inggris antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament dan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV.
Kata kunci : Teams Games Tournament, TGT, kosakata Bahasa Inggris
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)