IMPLEMENTASI TEKNIK TSTS PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS SISWA KELAS IV SD NO. 4 TEGALLINGGAH

Authors

  • Kd. Agus Suantara, Nym. Kusmariyatni, Pt. Nanci Riastini

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.792

Abstract

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk  memaparkan peningkatan motivasi dan aktivitas belajar siswa kelas IV semester II di SD No. 4 Tegallinggah tahun pelajaran 2012/2013 pada pembelajaran IPA setelah implementasi teknik Two StayTwo Stray (TSTS). Subjek penelitian ini sebanyak 12 orang siswa kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 2 siklus. Tiap siklus melalui empat tahapan, yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Data dikumpulkan dengan metode kuisioner dan metode observasi. Data motivasi belajar siswa dikumpulkan dengan kuesioner, sedangkan data aktivitas belajar dikumpulkan dengan lembar observasi. Data dianalisis untuk memperoleh persentase rata-rata motivasi dan aktivitas belajar yang kemudian dikonversikan pada PAP skala lima. Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) terjadi peningkatan motivasi belajar IPA sebesar 71,2% (kategori sedang) pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 82,3% pada siklus II (kategori tinggi). Ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar sebesar 11,1% dari siklus I ke siklus II, 2) terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 71% (kategori cukup aktif) pada siklus I meningkat menjadi 82,2% (kategori aktif) pada siklus II. Ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa sebesar 11,2%.

 

 

Kata kunci : Teknik Two StayTwo Stray (TSTS), motivasi belajar, dan aktivitas belajar

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

Pt. Nanci Riastini, K. A. S. N. K. (2013). IMPLEMENTASI TEKNIK TSTS PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS SISWA KELAS IV SD NO. 4 TEGALLINGGAH. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.792

Issue

Section

Articles