PENGARUH PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD DI GUGUS III KECAMATAN TEGALLALANG
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.798Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang belajar dengan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional di kelas IV SD gugus III Kecamatan Tegallalang Kabupaten Gianyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment atau eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 5 kelas. Sampel diambil dengan simple random sampling maka sampel dalam penelitian ini adalah SD N 2 Sebatu dan SD N 3 Sebatu yang berjumlah 60 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode tes. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar IPA dan analisis data menggunakan uji-t tidak berkorelasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang belajar dengan pendekatan sains teknologi masyarakat (STM) dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini diketahui dari hasil analisis uji-t, thitung > tTabel (thitung = 3,74 > tTabel = 2,000). Skor siswa yang belajar dengan pendekatan sainst teknologi masyarakat cenderung tinggi karena nilai Mo>Md>M (17,49>16,80>16,06) dan skor siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional cenderung rendah karena nilai Mo<Md<M (11,00<11,69<12,27). Dengan demikian pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) berpengaruh terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas IV di Gugus III Kecamatan Tegallalang Kabupaten Gianyar tahun pelajaran 2012/2013.
Kata-kata kunci: Pendekatan STM, konvensional, hasil belajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)