PENGARUH MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP IPA SISWA KELAS VSD DI GUGUS 7 KECAMATAN PENEBEL TAHUN PELAJARAN 2012/2013
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.799Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penguasaan konsep IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan post-test non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh SD yang ada di gugus 7 Desa Senganan. Sampel penelitian ditetapkan sebanyak duakelas, yang ditentukan dengan cara simple random sampling. Data penguasaan konsep dikumpulkan dengan tes penguasaan konsep berbentuk pilihan ganda yang disertai penjelasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep IPA siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model reciprocal teaching berada pada kualifikasi sangat tinggi (M= 51,09; SD=3,73), sedangkan penguasaan konsep IPA siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional berada pada kualifikasi tinggi (M= 38,59; SD=3,94). Dari hasil uji-t, didapatkan hasil bahwa thitung post-test adalah 10,88dan nilai ttabel adalah 1,684. Karena thitung> ttabel, maka ini berarti terdapat perbedaan penguasaan konsep IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model reciprocal teaching dan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.
Kata-kata kunci: model reciprocal teaching, penguasaan konsep IPA
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)