PENGARUH MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP IPA SISWA KELAS VSD DI GUGUS 7 KECAMATAN PENEBEL TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Authors

  • I Gst. Ngr.Diantana Putra, Md. Suarjana, I Nym. Arcana3

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.799

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penguasaan konsep IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan post-test non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh SD yang ada di gugus 7 Desa Senganan. Sampel penelitian ditetapkan sebanyak duakelas, yang ditentukan dengan cara simple random sampling. Data penguasaan konsep dikumpulkan dengan tes penguasaan konsep berbentuk pilihan ganda yang disertai penjelasan. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa penguasaan konsep IPA siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model reciprocal teaching berada pada kualifikasi sangat tinggi (M= 51,09; SD=3,73), sedangkan penguasaan konsep IPA siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional berada pada kualifikasi tinggi (M= 38,59; SD=3,94). Dari hasil uji-t, didapatkan hasil bahwa thitung post-test adalah 10,88dan nilai ttabel adalah 1,684. Karena thitung> ttabel, maka ini berarti terdapat perbedaan penguasaan konsep IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model reciprocal teaching dan siswa yang dibelajarkan  dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.

 

Kata-kata kunci: model reciprocal teaching, penguasaan konsep IPA

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Nym. Arcana3, I. G. N. P. M. S. (2013). PENGARUH MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP IPA SISWA KELAS VSD DI GUGUS 7 KECAMATAN PENEBEL TAHUN PELAJARAN 2012/2013. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.799

Issue

Section

Articles