PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LERNING BERBANTUAN MEDIA TIGA DIMENSI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI SD GUGUS IX KECAMATAN BULELENG

Authors

  • I.A. Diah Kamayani, Md. Sumantri, Dw. Nym Sudana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.800

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA anatara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media tiga dimensi dan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV di SD gugus IX Kecamatan Buleleng yang berjumlah 214 orang. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas IVA SD Negeri 1 Astina yang berjumlah 20 orang dan siswa kelas IVB SD Negeri 1 Banjar Jawa yang berjumlah 29 Orang. Data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes uraian. Data yang diperoleh dianalisis dengan  menggunakan analisis statistik diskriptif dan stastistik inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) hasil belajar IPA siswa kelompok eksperimen tergolong sangat tinggi dengan rata-rata (M) 40,7,  (2) hasil belajar IPA siswa kelompok kontrol tergolong tinggi dengan rata-rata (M) 29,41,  dan (3) terdapat perbedaan yang signifikan anatara hasil belajar IPA siswa kelas IV semester genap SD Gugus IX Kecamatan Buleleng antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media tiga dimensi dan model pembelajaran konvensional (thit>ttab, thit = 3,89 dan ttab = 2,021).

 

Kata-kata kunci: project based learning, media tiga dimensi, hasil belajar, IPA

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

Dw. Nym Sudana, I. D. K. M. S. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LERNING BERBANTUAN MEDIA TIGA DIMENSI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI SD GUGUS IX KECAMATAN BULELENG. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.800

Issue

Section

Articles