PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LERNING BERBANTUAN MEDIA TIGA DIMENSI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI SD GUGUS IX KECAMATAN BULELENG
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.800Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA anatara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media tiga dimensi dan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV di SD gugus IX Kecamatan Buleleng yang berjumlah 214 orang. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas IVA SD Negeri 1 Astina yang berjumlah 20 orang dan siswa kelas IVB SD Negeri 1 Banjar Jawa yang berjumlah 29 Orang. Data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes uraian. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistik diskriptif dan stastistik inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) hasil belajar IPA siswa kelompok eksperimen tergolong sangat tinggi dengan rata-rata (M) 40,7, (2) hasil belajar IPA siswa kelompok kontrol tergolong tinggi dengan rata-rata (M) 29,41, dan (3) terdapat perbedaan yang signifikan anatara hasil belajar IPA siswa kelas IV semester genap SD Gugus IX Kecamatan Buleleng antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media tiga dimensi dan model pembelajaran konvensional (thit>ttab, thit = 3,89 dan ttab = 2,021).
Kata-kata kunci: project based learning, media tiga dimensi, hasil belajar, IPA
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)