PENGARUH PENDEKATAN HUMANISTIK BERBANTUAN TEHNIK PEMECAHAN MASALAH KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD DI GUGUS V DEWANTARA

Authors

  • Km. Edi Sanjaya, Ndara Tanggu Renda, Ni Ngh. Madri Antari

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.801

Abstract

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan humanistik berbantuan tehnik pemecahan masalah kritis dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional pada kelas V di Gugus V Dewantara Kecamatan Seririt tahun pelajaran 2012/2013. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan non equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V di Gugus V Dewantara Kecamatan Seririt tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 127 orang. Sampel penelitian ini yaitu kelas V SD N Munduk Bestala yang berjumlah 26 orang dan kelas V SD N 2 Mayong yang berjumlah 25 orang. Data hasil belajar IPA siswa dikumpulkan dengan instrumen tes berbentuk uraian. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t).  Hasil perhitungan dengan uji-t, diperoleh thit adalah 6,07. Sedangkan ttab dengan taraf signifikansi 5% adalah 2,06. Hal ini berarti, thit lebih besar dari ttab (thit > ttab), Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan humanistik berbantuan tehnik pemecahan masalah kritis dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional. Berarti pendekatan humanistik berbantuan tehnik pemecahan masalah kritis berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa.

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

Ni Ngh. Madri Antari, K. E. S. N. T. R. (2013). PENGARUH PENDEKATAN HUMANISTIK BERBANTUAN TEHNIK PEMECAHAN MASALAH KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD DI GUGUS V DEWANTARA. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.801

Issue

Section

Articles