PENGARUH PENDEKATAN HUMANISTIK BERBANTUAN TEHNIK PEMECAHAN MASALAH KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD DI GUGUS V DEWANTARA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.801Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan humanistik berbantuan tehnik pemecahan masalah kritis dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional pada kelas V di Gugus V Dewantara Kecamatan Seririt tahun pelajaran 2012/2013. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan non equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V di Gugus V Dewantara Kecamatan Seririt tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 127 orang. Sampel penelitian ini yaitu kelas V SD N Munduk Bestala yang berjumlah 26 orang dan kelas V SD N 2 Mayong yang berjumlah 25 orang. Data hasil belajar IPA siswa dikumpulkan dengan instrumen tes berbentuk uraian. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Hasil perhitungan dengan uji-t, diperoleh thit adalah 6,07. Sedangkan ttab dengan taraf signifikansi 5% adalah 2,06. Hal ini berarti, thit lebih besar dari ttab (thit > ttab), Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan humanistik berbantuan tehnik pemecahan masalah kritis dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional. Berarti pendekatan humanistik berbantuan tehnik pemecahan masalah kritis berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)