PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CONCEPT MAPPING TIPE EVENTS CHAIN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.804Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi pembelajaran concept mapping tipe events chain dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus XIV Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini termasuk penelitian eksperimental. Rancangan penelitian menggunakan desain posttest only control group design. Populasi dari penelitian ini yaitu 5 SD yang terdapat di Gugus XIV Kecamatan Buleleng. Setelah populasi terbukti memiliki kemampuan yang setara, selanjutnya dipilih 2 SD sebagai sampel dengan cara random. Data yang dikumpulkan adalah hasil belajar IPS. Bentuk tes yang digunakan adalah tes pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi pembelajaran concept mapping tipe events chain dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi pembelajaran konvensional. Nilai thitung = 42,2 > ttabel = 2,000 ( = 0,05 ; db = 62). Hasil belajar IPS kelompok eksperimen sebagian besar skor cenderung tinggi dan nilai rata-rata berada pada kategori sangat baik, sedangkan hasil belajar IPS kelompok kontrol sebagian besar skor cenderung rendah dan nilai rata-rata berada pada kategori cukup. Hal ini menggambarkan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi pembelajaran concept mapping tipe events chain menunjukkan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi pembelajaran konvensional.
Kata kunci: concept mapping tipe events chain, konvensional, dan hasil belajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)