PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CONCEPT MAPPING TIPE EVENTS CHAIN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV

Authors

  • Pt. Ariastawan, Ign. I Wyn. Suwatra, Md. Suarjana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.804

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang signifikan  hasil belajar IPS antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi pembelajaran concept mapping tipe events chain dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan  strategi pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus XIV Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini termasuk penelitian eksperimental. Rancangan penelitian menggunakan desain posttest only control group design. Populasi dari penelitian ini yaitu 5 SD yang terdapat di Gugus XIV Kecamatan Buleleng. Setelah populasi terbukti memiliki kemampuan yang setara, selanjutnya dipilih 2 SD sebagai sampel dengan cara random. Data yang dikumpulkan adalah hasil belajar IPS. Bentuk tes yang digunakan adalah tes pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi pembelajaran concept mapping tipe events chain dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi pembelajaran konvensional. Nilai thitung = 42,2 > ttabel = 2,000 (  = 0,05 ; db = 62). Hasil belajar IPS kelompok eksperimen sebagian besar skor cenderung tinggi dan nilai rata-rata berada pada kategori sangat baik, sedangkan hasil belajar IPS kelompok kontrol sebagian besar skor cenderung rendah dan nilai rata-rata berada pada kategori cukup. Hal ini menggambarkan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi pembelajaran concept mapping tipe events chain menunjukkan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi pembelajaran konvensional.

 

Kata kunci: concept mapping tipe events chain, konvensional, dan hasil belajar.

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

Md. Suarjana, P. A. I. I. W. S. (2013). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CONCEPT MAPPING TIPE EVENTS CHAIN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.804

Issue

Section

Articles