PENGARUH MODEL GI (GROUP INVESTIGATION) BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SD NEGERI DI DESA SINABUN

Authors

  • Wyn. Suputra, Gd. Sedanayasa, I Kt. Dibia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.806

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang mengikuti pembelajaran model group investigation berorientasi kearifan lokal dengan model konvensional pada pelajaran IPA kelas V semester genap tahun pelajaran 2012/2013 SD Negeri di Desa Sinabun,  Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan rancangan penelitian Post Test Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD di desa Sinabun tahun pelajaran 2012/2013. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling. Data yang dikumpulkan adalah data tes kemampuan berpikir kritis. Data tes kemampuan berpikir kritis dikumpulkan dengan tes uraian. Jumlah tes kemampuan berpikir kritis yang digunakan adalah 10 butir. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan uji t independent dengan sampel tidak berkorelasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran group investigasi berorientasi kearifan lokal dan model pembelajaran konvensional (thitung = 3,54; ttabel = 2,055). Hal  ini dilihat dari rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa yang belajar dengan model pembelajaran group investigation adalah 25,619  yang berkategori baik, sedangkan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional adalah 19,948 yang berkategori cukup.

Kata-kata kunci : model group investigation dan kemampuan berpikir kritis

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Kt. Dibia, W. S. G. S. (2013). PENGARUH MODEL GI (GROUP INVESTIGATION) BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SD NEGERI DI DESA SINABUN. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.806

Issue

Section

Articles