PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GAME OF QUESTION CARDS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD DI DESA JOANYAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.808Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar matematika kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Game of Question Cards dan model pembelajaran langsung, sertamendeskripsikan perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Game of Question Cards dan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent pre-test post-test control group design.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD di Desa Joanyar dan sampelnya adalah siswa kelas IV SD No.1 dan No. 2 Joanyar.Pada kelompok eksperimen dibelajarkan dengan model pembelajaran Game of Question Cards, sedangkan pada kelompok kontrol dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung.Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data kuantitatif berupa skor hasil belajar siswa. Data hasil belajar siswa dianalisis dengan statistik ANAKOVA pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Game of Question Cards rerata pre-test 5,48 danrerata post-test 21,74; sedangkan, model pembelajaran langsung rerata pre-test 5,74 dan rerata post-test20,48. Berdasarkan hasil penelitian pada uji interaksi diperoleh angka signifikansi 0,732 lebih dari 0,05 artinya hasil belajar matematika kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Game of Question Cards dan model pembelajaran langsung tidak dipengaruhi oleh variable kovariat dan diperoleh angka signifikansi 0,007 kurang dari 0,05 sehinggga dapat diambil keputusan H1diterima atau“terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Game of Question Cards dan model pembelajaran langsung”.
Kata-kata kunci: Game of Question Cards, hasil belajar Matematika
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)