PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GAME OF QUESTION CARDS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD DI DESA JOANYAR

Authors

  • Kd. Leksa Dwi S., I Gst. Ngr. Japa, I Md. Citra Wibawa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.808

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar matematika kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Game of Question Cards dan model pembelajaran langsung, sertamendeskripsikan perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Game of Question Cards dan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent pre-test post-test control group design.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD di Desa Joanyar dan sampelnya adalah siswa kelas IV SD No.1 dan No. 2 Joanyar.Pada kelompok eksperimen dibelajarkan dengan model pembelajaran Game of Question Cards, sedangkan pada kelompok kontrol dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung.Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data kuantitatif berupa skor hasil belajar siswa. Data hasil belajar siswa dianalisis dengan statistik ANAKOVA pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Game of Question Cards rerata pre-test 5,48 danrerata post-test 21,74; sedangkan, model pembelajaran langsung rerata pre-test 5,74 dan rerata post-test20,48. Berdasarkan hasil penelitian pada uji interaksi diperoleh angka signifikansi 0,732 lebih dari 0,05 artinya hasil belajar matematika kelompok  siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Game of Question Cards dan model pembelajaran langsung tidak dipengaruhi oleh variable kovariat dan diperoleh angka signifikansi 0,007 kurang dari 0,05 sehinggga dapat diambil keputusan H1diterima atau“terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar  matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Game of Question Cards dan model pembelajaran langsung”.

 

Kata-kata kunci: Game of Question Cards, hasil belajar Matematika

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Md. Citra Wibawa, K. L. D. S. I. G. N. J. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GAME OF QUESTION CARDS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD DI DESA JOANYAR. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.808

Issue

Section

Articles