PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V

Authors

  • Ni Md. Ari, Nym. Dantes, I Dw. Kd Tastra

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.811

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) deskripsi kualitas hasil belajar IPA siswa setelah dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan peta konsep, (2) deskripsi kualitas hasil belajar IPA siswa setelah dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional, (3) perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan peta konsep dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment. Populasi penelitian adalah kelas V SD Gugus IV Desa Labasari, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem. Tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 65 siswa. Sampel penelitian yaitu SD Negeri 1 Labasari berjumlah 21 siswa dan SD 3 Labasari berjumlah 21 siswa. Data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan instrumen tes obyektif tipe completion. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji-t. Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) hasil belajar IPA siswa setelah mengikuti model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan peta konsep berada pada tingkat kategori baik (dengan nilai rata-rata sebesar 18,9), (2) ) hasil belajar IPA siswa setelah mengikuti model pembelajaran konvensional berada pada tingkat kategori cukup (dengan nilai rata-rata sebesar 14,29 ), (3) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan peta konsep dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (thitung = 3,54>ttabel = 1,684). Adanya perbedaan signifikan menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan peta konsep lebih unggul dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar IPA.

 

Kata kunci: inkuiri terbimbing, peta konsep, hasil belajar IPA

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Dw. Kd Tastra, N. M. A. N. D. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.811

Issue

Section

Articles