PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM BERBANTUAN KARTU BILANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI GUGUS V KECAMATAN TEGALLALANG

Authors

  • Pd. Pt. Novi Kartika Yoni, Md. Sumantri, Gst. Ngh. Japa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.812

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran kuantum berbantuan kartu bilangan dan pembelajaran konvensional. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu dengan design Posttest Only Control Group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD di Gugus V Kecamatan Tegallalang, yang berjumlah 99 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 57 orang, yang berasal dari SDN 3 Pupuan Kecamatan Tegallalang sebagai kelompok eksperimen dan SDN 4 Pupuan Kecamatan Tegallalang sebagai kelompok kontrol. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data tentang hasil belajar matematika adalah metode tes dengan instrumen tes objektif bentuk isian singkat, yang selanjutnya dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, hal ini dilihat dari perbedaan rata-rata skor siswa antara kelompok eksperimen (73,76) dan kelompok kontrol (61,40). Bedasarkan analisis data thitung > ttabel dengan db 50 dan taraf signifikansi 5%, ini berarti Ha dalam penelitian ini diterima. Dengan demikian model pembelajaran kuantum berbantuan kartu bilangan berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD semester Genap di Gugus V Kecamatan Tegallalang.

 

Kata-kata kunci: kuantum, kartu bilangan, hasil belajar

 

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

Gst. Ngh. Japa, P. P. N. K. Y. M. S. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM BERBANTUAN KARTU BILANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI GUGUS V KECAMATAN TEGALLALANG. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.812

Issue

Section

Articles