PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN 5ETERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD DI GUGUS VI KECAMATAN MUNCAR KABUPATEN BANYUWANGI

Authors

  • K. Nelly Fauzia, Md. Suarjana, Ign. I Wyn. Suwatra

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.814

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran 5E dengan kelompok siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensionalpada siswa  kelas IV semester genap mata pelajaran IPA materi perubahan lingkungan fisik tahun pelajaran 2012/2013 di SD Gugus VI Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi.Jenis  penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan penelitian posttest only control group design. Populasidari penelitian ini adalah siswa kelompokIV SD Gugus VI Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 193siswa.Sampel diambil dengan cararandom sampling yang berjumlah 70 siswa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA. Bentuk tes hasil belajar IPA yang digunakan adalah multiple choise test. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan uji prasyarat analisis. Sebagai tindak lanjut dari uji prasyarat analisis digunakan uji-t untuk menguji perbedaan hasil belajar IPA siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran 5E dengan kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPA materi perubahan lingkungan fisik siswa kelas IV semester genap tahun pelajaran 2012/2013 SD Gugus VI Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi (thitung= 11,27 >ttabel= 2,032).Kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran 5E menunjukkan hasil belajar IPA yang lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional.

 

Kata-kata kunci: MP5E, MPK, hasil belajar IPA.

 

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

Ign. I Wyn. Suwatra, K. N. F. M. S. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN 5ETERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD DI GUGUS VI KECAMATAN MUNCAR KABUPATEN BANYUWANGI. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.814

Issue

Section

Articles