PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN TERPADU BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA SISWA KELAS II SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.815Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan kemampuan menulis permulaan siswa kelompok eksperimen, 2) mendeskripsikan kemampuan menulis permulaan siswa kelompok kontrol, dan 3) mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran terpadu berbantuan media gambar terhadap kemampuan menulis permulaan siswa kelas II SD di Gugus IX Kecamatan Buleleng. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan rancangan post-test only control group design. Populasi penelitian berjumlah 228 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 51 siswa yang diambil secara random. Data kemampuan menulis permulaan siswa dikumpulkan dengan instrumen berupa tes kinerja. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian menemukan bahwa: 1) perolehan skor kemampuan menulis permulaan siswa kelompok eksperimen cenderung tinggi dengan skor rata-rata (M) 88,78, 2) perolehan skor kemampuan menulis permulaan siswa kelompok kontrol cenderung rendah dengan skor rata-rata (M) 75,86, dan 3) terdapat perbedaan kemampuan menulis permulaan yang signifikan antara kelompok siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran terpadu berbantuan media gambar dengan kelompok siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran konvensional pada siswa kelas II SD di Gugus IX Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2012/2013 (thitung = 7,56 > ttabel = 2,000; Sig. 5%). Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran terpadu berbantuan media gambar berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis permulaan siswa kelas II SD.
Kata-kata kunci: Pendekatan pembelajaran terpadu, media gambar, pendekatan konvensional, kemampuan menulis permulaan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)