PENGARUH METODE BERMAIN PERAN BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 1 SERIRIT

Authors

  • Ni Pt. Irma Partami, Gd. Raga, I Gd. Wawan Sudatha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.821

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk  untuk mendeskripsikan perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran bermain peran berbantuan media audio visual dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah pada siswa kelas IV semester genap SD Negeri 1 Seririt tahun pelajaran 2012/2013 Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan design Post Test Only with Non Equivalent Control Group Design . Populasi dalam penelitian ini adalah  seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Seririt yang berjumlah 47 orang.  Seluruh anggota populasi menjadi anggota sampel.Data dari penelitan ini diambil dengan menggunakan teknik tes dalam bentuk tes pilihan ganda.Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis statistic deskriftif dan inferensial (uji-t). Hasil analisis menunjukkan thit lebih besar dari ttab (3,60t>1,671). . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran bermain peran berbantuan media audio visual berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV semester genap SD Negeri 1 Seririt tahun pelajaran 2012/2013.

 

Kata kunci: metode bermain peran, hasil belajar

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Gd. Wawan Sudatha, N. P. I. P. G. R. (2013). PENGARUH METODE BERMAIN PERAN BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 1 SERIRIT. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.821

Issue

Section

Articles