PENGARUH METODE BERMAIN PERAN BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 1 SERIRIT
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.821Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran bermain peran berbantuan media audio visual dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah pada siswa kelas IV semester genap SD Negeri 1 Seririt tahun pelajaran 2012/2013 Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan design Post Test Only with Non Equivalent Control Group Design . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Seririt yang berjumlah 47 orang. Seluruh anggota populasi menjadi anggota sampel.Data dari penelitan ini diambil dengan menggunakan teknik tes dalam bentuk tes pilihan ganda.Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis statistic deskriftif dan inferensial (uji-t). Hasil analisis menunjukkan thit lebih besar dari ttab (3,60t>1,671). . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran bermain peran berbantuan media audio visual berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV semester genap SD Negeri 1 Seririt tahun pelajaran 2012/2013.
Kata kunci: metode bermain peran, hasil belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)