PENGARUH PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI SD GUGUS IV KECAMATAN SUKASADA

Authors

  • Ni Md. Anenda Astari P., Ni Wyn. Arini, I Md. Tegeh

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.822

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan hasil belajar IPA siswa kelas V tahun pelajaran 2012/2013 yang mengikuti pembelajaran pendekatan inkuiri terbimbing, (2) mendeskripsikan hasil belajar IPA siswa kelas V tahun pelajaran 2012/2013 yang mengikuti pembelajaran pendekatan ekspositori, dan (3) mengetahui perbedaan hasil belajar IPA yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran pendekatan inkuiri terbimbing dan siswa yang mengikuti pembelajaran pendekatan ekspositori. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen berdesain Post Test Only with Non Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2012/2013 di SD gugus IV Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng. Sampel penelitian dipilih dengan teknik cluster sampling pada kelas yang sudah disetarakan. Sampel yang terpilih adalah siswa kelas V SD No. 1 Sukasada sebagai kelompok kontrol dan siswa kelas V SD No. 3 Sukasada sebagai kelompok eksperimen. Data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda dan lembar observasi yang telah divalidasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar IPA siswa kelompok eksperimen memiliki skor rata- sebesar 53,27 dengan kategori sangat baik dan kurve poligon membentuk kurve juling negatif, (2) hasil belajar IPA siswa kelompok kontrol memiliki skor rata-rata sebesar 39,96 dengan kategori cukup dan kurve poligon membentuk kurve juling positif, dan (3) terdapat perbedaan hasil belajar IPA yang signifikan antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan inkuiri terbimbing dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan  pendekatan ekspositori (t hitung = 8,69 > t tabel = 1,671).

 

Kata kunci: inkuiri terbimbing, hasil belajar IPA

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Md. Tegeh, N. M. A. A. P. N. W. A. (2013). PENGARUH PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI SD GUGUS IV KECAMATAN SUKASADA. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.822

Issue

Section

Articles