PENGARUH PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI SD GUGUS IV KECAMATAN SUKASADA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.822Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan hasil belajar IPA siswa kelas V tahun pelajaran 2012/2013 yang mengikuti pembelajaran pendekatan inkuiri terbimbing, (2) mendeskripsikan hasil belajar IPA siswa kelas V tahun pelajaran 2012/2013 yang mengikuti pembelajaran pendekatan ekspositori, dan (3) mengetahui perbedaan hasil belajar IPA yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran pendekatan inkuiri terbimbing dan siswa yang mengikuti pembelajaran pendekatan ekspositori. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen berdesain Post Test Only with Non Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2012/2013 di SD gugus IV Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng. Sampel penelitian dipilih dengan teknik cluster sampling pada kelas yang sudah disetarakan. Sampel yang terpilih adalah siswa kelas V SD No. 1 Sukasada sebagai kelompok kontrol dan siswa kelas V SD No. 3 Sukasada sebagai kelompok eksperimen. Data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda dan lembar observasi yang telah divalidasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar IPA siswa kelompok eksperimen memiliki skor rata- sebesar 53,27 dengan kategori sangat baik dan kurve poligon membentuk kurve juling negatif, (2) hasil belajar IPA siswa kelompok kontrol memiliki skor rata-rata sebesar 39,96 dengan kategori cukup dan kurve poligon membentuk kurve juling positif, dan (3) terdapat perbedaan hasil belajar IPA yang signifikan antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan inkuiri terbimbing dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan ekspositori (t hitung = 8,69 > t tabel = 1,671).
Kata kunci: inkuiri terbimbing, hasil belajar IPA
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)