PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN HEURISTIK VEE DENGAN PETA KONSEP TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS V SD No. 3 KALIBUKBUK
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.824Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Heuristik Vee dengan peta konsep dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V di SD No. 3 Kalibukbuk Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD No. 3 Kalibukbuk Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 45 orang. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas VB SD No. 3 Kalibukbuk yang berjumlah 22 orang dan siswa kelas VA SD No. 3 Kalibukbuk yang berjumlah 23 orang. Data pemahaman konsep IPA siswa dikumpulkan dengan instrumen tes berbentuk uraian. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap pemahaman konsep IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Heuristik Vee dengan peta konsep dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Dilihat dari hasil perhitungan rata-rata pemahaman konsep IPA kelompok eksperimen adalah 31,73 lebih besar dari rata-rata pemahaman konsep IPA kelompok kontrol adalah 24,26, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Heuristik Vee dengan peta konsep berpengaruh terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas VB di SD No. 3 Kalibukbuk Kecamatan Buleleng.
Kata kunci: Heuristik Vee, pemahaman konsep IPA
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)