PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIRED STORYTELLING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD

Authors

  • Eva Rosdiana, Ni Nym. Kusmariyatni, I Wyn. Widiana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.826

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan menyimak bahasa Indonesia antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe paired storytelling berbantuan media audio visual dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V di SD Gugus I kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain non equivalent post-test only control  group design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SD No 5 Banyuning sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V SD No 6 Banyuning sebagai kelompok kontrol. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan uji-t sampel tidak berkorelasi. Berdasarkan hasil uji-t, diketahui bahwa terdapat perbedaan secara signifikan keterampilan menyimak bahasa Indonesia antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe paired storytelling berbantuan media audio visual dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional (thitung = 26,71 > ttabel = 2,00). Selain itu, juga diketahui bahwa rerata skor hasil menyimak bahasa Indonesia kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol (21,10 > 17,28). Sehingga disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe paired storytelling berbantuan media audio visual berpengaruh terhadap keterampilan menyimak bahasa Indonesia.

 

Kata kunci: paired storytelling, audio visual, keterampilan menyimak

 

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Wyn. Widiana, E. R. N. N. K. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIRED STORYTELLING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.826

Issue

Section

Articles