PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TOMPKINS DENGAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS III

I Gusti Ngurah Teja Laksana ., Dra. Ni Nyoman Garminah, M.Hum ., I Kadek Suartama, M.Pd. .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk, Untuk mengetahui perbadaan keterampilan menulis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Tompkins dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas III semester 2 SD Gugus IV Kecamatan Tejakula Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi exsperimen dengan rancangan post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III semester 2 SD gugus IV Kecamatan Tejakula Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2015/2016. Sebanyak 42 orang siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik random sampling, yaitu data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t).
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada keterampilan menulis karangan deskripsi antara siswa yang mengikuti pembelajara menggunakan metode Pembelajaran Tompkins cenderung tinggi dengan Mo > Me > M (87,5 > 85 > 80,72), dan siswa yang mengikuti pembelajaran secara konvensional cenderung rendah dengan Mo < Me < M ( 71,26 < 71,95 < 74,50). Terdapat perbedaan yang signifikan pada keterampilan menulis karangan deskripsi antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode pembelajaran Tompkins dan siswa yang mengikuti pembelajaran secara kompensional. Hal ini dapat dilihat hasil uji hipotesi menggunakan uji-t, dengan thitung lebih besar dari ttabel (thitung = 3,436 > ttabel = 2,021). Dengan demikian, metode Pembelajaran Tompkins berpengaruh terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas III semester 2 SD gugus IV Kecamatan Tejakula Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2015/2016.


Kata Kunci : Pembelajaran Tompkins, media gambar seri, keterampilan menulis karangan deskripsi

This study aims to, To know perbadaan writing skills among students who use learning models Tompkins with students who use conventional learning in class III semesters 2 SD Cluster IV District of Tejakula Buleleng in the academic year 2015/2016. This research is a quasi exsperimen to draft a post-test only control group design. The study population was all students of class III semesters 2 SD group IV District of Tejakula Buleleng in the academic year 2015/2016. A total of 42 students have been selected as the sample is determined by random sampling technique, ie the data were analyzed using descriptive statistics and inferential statistics (t-test). The results showed that there are significant differences in the skill description essay writing among students who take pembelajara using Tompkins Learning methods tend to be high with Mo> Me> M (87.5> 85> 80.72), and students following the conventional learning tends low by Mo table = 2.021). Thus, the learning method Tompkins effect on essay writing skills description semester of third grade students 2 SD group IV District of Tejakula Buleleng in the academic year 2015/2016

keyword : Learning Tompkins,media image series, essay writing skills desciption

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i2.8266

Article Metrics

Abstract view : 242 times
PDF file view : 238 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 5 Mimbar PGSD    Crossref GARUDA MIMBAR PGSD Undiksha



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.