PENGARUH STRATEGI BELAJAR PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV TAHUN PELAJARAN 2012/2013 GUGUS V KECAMATAN BULELENG

Authors

  • L. Rinayani, I Nym. Jampel, Ni Nym. Garminah

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.827

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan strategi belajar peta konsep dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan strategi belajar ekspositori pada siswa kelas IV SD Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013 di Gugus V Kecamatan Buleleng. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen yang menggunakan desain non- equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di Gugus V Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2012/2013. Tehnik pengambilan sampel adalah tehnik random samplin. Data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan metode instrumen tes hasil belajar IPA berbentuk isian. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor hasil belajar IPA pada kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi ekspositori cenderung rendah, dengan mean 10,64. Sedangkan, hasil belajar IPA pada kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi peta konsep menunjukkan cenderung tinggi, dengan mean 12,74. Berdasarkan analisis data menggunakan uji-t, diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan strategi peta konsep dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan strategi ekspositori, dengan thitung > ttabel (thitung = 6,034 > ttabel = 2,000),

 

Kata kunci: peta konsep, hasil belajar IPA

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

Ni Nym. Garminah, L. R. I. N. J. (2013). PENGARUH STRATEGI BELAJAR PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV TAHUN PELAJARAN 2012/2013 GUGUS V KECAMATAN BULELENG. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.827

Issue

Section

Articles