PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN HEURISTIK VEE BERBANTUAN MEDIA SEDERHANA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 8 BANJAR ANYAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.828Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Heuristik Vee dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Konvesional. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah non equivalent posttest control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 8 Banjar Anyar tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 77 orang dan sekaligus sebagai sampel. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah hasil belajar yang dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes berbentuk pilihan ganda satu jawaban benar. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan teknik analisis datanya adalah uji – t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan dengan Model Heuristik Vee adalah 24,03 sedangkan rata-rata hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan dengan model Konvensional adalah 16,00. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa (t hitung = 8,72 > t tabel = 1,980) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA yang signifikan antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model Heuristik Vee dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model Konvensional. Dengan demikian model pembelajaran Heuristik Vee berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 8 Banjar Anyar tahun pelajaran 2012/2013.
Kata-kata kunci: model pembelajaran, Heuristik Vee, hasil belajar IPA.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)