PENGARUH PENDEKATAN SAVI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD DI GUGUS III KECAMATAN JEMBRANA KABUPATEN JEMBRANA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.830Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pendekatan SAVI dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Gugus III Kecamatan Jembrana Kabupaten Jembrana Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 234 orang. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas IVa SD N 3 Dauhwaru yang berjumlah 27 orang dan siswa kelas IV SD N 6 Dauhwaru yang berjumlah 28 orang. Data hasil belajar dikumpulkan menggunakan metode tes dengan instrumen berupa tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji-t untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: (1) Hasil belajar IPA siswa kelompok eksperimen tergolong baik/tinggi dengan rata-rata (M) 20,44. (2) Hasil belajar IPA siswa kelompok kontrol tergolong cukup/sedang dengan rata-rata (M) 16,14. (3) Terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa kelas IV semester II yang signifikan antara kelompok siswa yang mengikuti pendekatan SAVI dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran model konvensional (thitung > ttabel, thitung = 3,85 dan ttabel = 2,005). Dengan demikian, pendekatan SAVI berpengaruh terhadap hasil belajar IPA pada kelas IV SD Gugus III Kecamatan Jembrana Kabupaten Jembrana tahun pelajaran 2012/2013.
Kata kunci: pendekatan SAVI, hasil belajar IPA
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)