PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VCT BERBANTUAN MEDIA CERITA BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR RANAH AFEKTIF SISWA MATA PELAJARAN PKN KELAS IV SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.832Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan nilai afektif siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran VCT berbantuan media cerita bergambar dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran PKn siswa kelas IV Gugus III Kecamatan Negara Tahun Ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan jumlah populasi seluruh siswa kelas IV di Gugus III berjumlah 117 orang. Sedangkan jumlah sampel penelitian 48 orang siswa. Data tentang nilai afektif siswa dikumpulkan dengan metode tes berbentuk angket/kuessioner. Data yang sudah diperoleh setelah memberikan tes kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar ranah afektif siswa yang signifikan antara siswa yang menikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) berbantuan media cerita bergambar dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional kelas IV mata pelajaran PKn di Gugus III Kecamatan Negara tahun pelajaran 2012/2013. Perbandingan hasil perhitungan rata-rata hasil belajar ranah afektif siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran value clarifiction technique (VCT) adalah 116,3 lebih besar dari rata-rata hasil belajar ranah afektif yang mengikuti pembelajaran model konvensional adalah 97,17.
Kata kunci: Model value clarifiction technique, hasil belajar ranah afektif
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)