PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN ARENDS TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD GUGUS II KECAMATAN SERIRIT
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.835Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) deskripsi hasil belajar PKn siswa yang mengikuti model pembelajaran Time Token Arends, 2) deskripsi hasil belajar PKn siswa yang mengikuti model pembelajaran langsung, dan 3) perbedaan hasil belajar PKn antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Time Token Arends dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran langsung pada siswa kelas V Semester II tahun pelajaran 2012/2013 di SD Gugus II Kecamatan Seririt Kabupaten Buleleng. Jenis penelitian ini adalah peneltian quasi eksperimen dengan populasi seluruh jumlah siswa kelas V gugus Ii Kecamatan serirityang berjumlah 130 orang. Sedangkan sampel penelitian berjumlah 57 orang. Data hasil belajar PKn siswa dikumpulkan dengan metode tes berbentuk pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan hasil analisis data, siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran langsung nilai rata-ratanya 18,07. Sedangkan siswa yang mengikuti pembelajaran time token arends nilai rata-ratanya 23,17. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t diperoleh thitung (4,38) > ttabel (2,021), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar PKn yang signifikan antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran time Token Arends dan kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran lansung. Hal ini berarti model pembelajaran Time Token Arends berpengaruh positif terhadap hasil belajar PKn pada siswa kelas V SD Gugus II Kecamatan Seririt. Karena itu disarankan agar dalam pembelajaran PKn menggunakan model pembelajaran Time Token Arends.
Kata kunci: Time Token Arends, hasil belajar PKn
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)