PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN ARENDS TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD GUGUS II KECAMATAN SERIRIT

Authors

  • Olivia Febrayani Valentina, Nym. Jampel, I Nym. Murda

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.835

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) deskripsi hasil belajar PKn siswa yang mengikuti model pembelajaran Time Token Arends, 2) deskripsi hasil belajar PKn siswa yang mengikuti model pembelajaran langsung, dan 3) perbedaan hasil belajar PKn antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Time Token Arends dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran langsung pada siswa kelas V Semester II tahun pelajaran 2012/2013 di SD Gugus II Kecamatan Seririt Kabupaten Buleleng. Jenis penelitian ini adalah peneltian quasi eksperimen dengan populasi seluruh jumlah siswa kelas V gugus Ii Kecamatan serirityang berjumlah 130 orang. Sedangkan sampel penelitian berjumlah 57 orang. Data hasil belajar PKn siswa dikumpulkan dengan metode tes berbentuk pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan hasil analisis data, siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran langsung nilai rata-ratanya 18,07. Sedangkan siswa yang mengikuti pembelajaran time token arends nilai rata-ratanya 23,17. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t diperoleh thitung (4,38) > ttabel (2,021), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar PKn yang signifikan antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran time Token Arends dan kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran lansung. Hal ini berarti model pembelajaran Time Token Arends berpengaruh positif terhadap hasil belajar PKn pada siswa kelas V SD Gugus II Kecamatan Seririt. Karena itu disarankan agar dalam pembelajaran PKn menggunakan model pembelajaran Time Token Arends.

 

Kata kunci: Time Token Arends, hasil belajar PKn

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Nym. Murda, O. F. V. N. J. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN ARENDS TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD GUGUS II KECAMATAN SERIRIT. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.835

Issue

Section

Articles