PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS I KECAMATAN BULELENG
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.841Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan pada hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model TPS berbasis lingkungan dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pengajaran langsung pada siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dan menggunakan desain non equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2012/2013, yang berjumlah 243 orang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah random sampling, tetapi yang dirandom adalah kelas. Sampel penelitian ini, yaitu siswa kelas V SD N 5 Banyuning, dengan jumlah 31 orang dan siswa kelas V SD N 2 Banyuning, dengan jumlah 39 orang. Data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan instrumen berbentuk tes isian. Data yang diperoleh dikumpulkan dan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t).
Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model TPS berbasis lingkungan berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2012/2013. Analisis data menunjukkan, thit = 6,18 dan ttab (pada taraf signifikansi 5%) = 2,00. Hal ini berarti bahwa thit > ttab, sehingga dapat diinterpretasikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan dengan model TPS berbasis lingkungan dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pengajaran langsung. Selain itu, diperoleh pula rata-rata kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model TPS adalah 16,78 (tinggi) dan rata-rata kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pengajaran langsung adalah 10,48 (sedang).
Kata kunci: Model TPS, lingkungan, hasil belajar IPA
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)