PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS I KECAMATAN BULELENG

Authors

  • Steven Bernardus D., Nym. Kusmariyatni, Ign. I Wyn. Suwatra

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.841

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan pada hasil belajar IPA  antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model TPS berbasis lingkungan dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pengajaran langsung pada siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dan menggunakan desain non equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2012/2013, yang berjumlah 243 orang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah random sampling, tetapi yang dirandom adalah kelas. Sampel penelitian ini, yaitu siswa kelas V SD N 5 Banyuning, dengan jumlah 31 orang dan siswa kelas V SD N 2 Banyuning, dengan jumlah 39 orang. Data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan instrumen berbentuk tes isian. Data yang diperoleh dikumpulkan dan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t).

Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model TPS berbasis lingkungan berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2012/2013. Analisis data menunjukkan,  thit = 6,18 dan ttab (pada taraf signifikansi 5%) = 2,00. Hal ini berarti bahwa thit > ttab, sehingga dapat diinterpretasikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan dengan model TPS berbasis lingkungan dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pengajaran langsung. Selain itu, diperoleh pula rata-rata kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model TPS adalah 16,78 (tinggi) dan rata-rata kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pengajaran langsung adalah 10,48 (sedang).

 

Kata kunci: Model TPS, lingkungan, hasil belajar IPA

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

Ign. I Wyn. Suwatra, S. B. D. N. K. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS I KECAMATAN BULELENG. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.841

Issue

Section

Articles