PENERAPAN MODEL INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA DAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS IV SDN 1 DEPEHA KECAMATAN KUBUTAMBAHAN

Authors

  • Pt. Erwin Artayana, I Wyn. Suwatra, Pt. Nanci Riastini

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.842

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep IPA siswa kelas IV semester I tahun pelajaran 2012/2013 di SD No. 1 Depeha, kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng setelah diterapkannya model inkuiri, 2)  untuk mengetahui peningkatan sikap ilmiah IPA siswa kelas IV semester I tahun pelajaran 2012/2013 di SD No. 1 Depeha, Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng setelah diterapkannya model inkuiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV semester I SD No. 1 Depeha, Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng pada Tahun Pelajaran 2012-2013 dengan jumlah siswa sebanyak 38 orang siswa. Data tentang sikap ilmiah siswa dalam mata pelajaran IPA dikumpulkan dengan lembar observasi. Data pemahaman konsep IPA siswa dikumpulkan dengan tes pilihan ganda. Data tersebut kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model inkuiri dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA dan sikap ilmiah siswa kelas IV semester I Tahun Pelajaran 2012/2013 di SD N 1 Depeha, Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng. Peningkatan persentase rata-rata pemahaman konsep siswa sebesar 3,85%, yaitu 66,8% pada siklus I (tergolong kategori sedang) dan 70,65% pada siklus II (tergolong kategori tinggi). Peningkatan persentase rata-rata sikap ilmiah siswa sebesar 10,11%, yaitu sebesar 60,5% pada siklus I (tergolong kategori sedang) dan 70,61% pada siklus II (tergolong kategori tinggi).

 

Kata-kata kunci: Inkuiri, Pemahaman Konsep, Sikap Ilmiah.

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

Pt. Nanci Riastini, P. E. A. I. W. S. (2013). PENERAPAN MODEL INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA DAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS IV SDN 1 DEPEHA KECAMATAN KUBUTAMBAHAN. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.842

Issue

Section

Articles