PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SD GUGUS I BANYUNING
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.843Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan prestasi belajar siswa antara penggunaan model pembelajaran STM berbantuan media audio visual dengan penggunaan model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran IPA kelas IV SD di Gugus 1 Banyuning. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semudengan desainPosttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD negeri 3 Banyuning dan seluruh siswa kelas IV SD negeri 4 Banyuning yang berjumlah 41 orang. Sampel kelas dari penelitian ini yaitu kelas IV SD Negeri 3 Banyuning sebanyak 23 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV SD Negeri 4 banyuning sebagai kelas control yang dipilih dengan cara pengundian. Data tentang perbedaan prestasi belajar siswa dikumpulkan melalui instrument tes prestasi belajar dengan bentuk tes obyektif. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan statistik inferensial (uji t).Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan Model pembelajaran STM berbantuan media audio visual dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD di Gugus I Banyuning.Perbedaan tersebut dilihat dari skor prestasi belajar IPA diperolehlebih besar dari pada (>) pada taraf signifikansi 5%. Adanya perbedaan yang signifikan menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran STM berbantuan media audio visual lebih berpengaruh positif terhadap prestasi belajar IPA siswa dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.
Kata-kata kunci : STM, media audio visual, prestasi belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)