PENGARUH PEMBELAJARAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.844Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbasis Kearifan Lokal dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV Gugus IV Kecamatan Gerokgak Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian non equivalent posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di Gugus VI Kecamatan Gerokgak tahun pelajaran 2012/2013 yang terdiri dari 5 SD dengan jumlah 152 orang. Setelah dilakukan uji kesetaraan ANAVA A didapat dua sampel yang dianggap setara yaitu siswa kelas IV SD 1 Pemuteran (eksperimen) berjumlah 31 orang dan siswa kelas IV SD 4 Pemuteran (kontrol) berjumlah 31 orang. Sampel diambil dengan cara teknik random sampling. Data hasil belajar IPS dikumpulkan dengan instrumen tes objektif yang berjumlah 30 soal. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan uji t independent dengan sampel tidak berkorelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbasis Kearifan Lokal dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dan rata-rata skor siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbasis Kearifan Lokal adalah 20,39 berada kategori tinggi sedangkan siswa yang mengikuti pembelajaran kovensional adalah 15,13 yang berada kategori sedang, ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPS siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbasis Kearifan Lokal lebih tinggi dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.
Kata kunci: CTL, kearifan lokal, hasil belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)