PENGARUH MODEL ELICITING ACTIVITIES TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V DI SDN 1 BATURITI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.849Abstract
Abstrak
Penelitian ini mengangkat tentang rendahnya hasil belajar matematika siswa.Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui:(1) deskripsi hasil belajar matematika pada siswa kelompok kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) deskripsi hasil belajar matematika pada siswa kelompok eksperimen dengan menggunakan MEAs, (3) pengaruh yang signifikan MEAs terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas V semester genap tahun pelajaran 2012/2013 di SDN 1 Baturiti.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu menggunakan desain Non EquivalentPost–test Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDN 1 Baturiti yang berjumlah 53 orang. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas VA yang berjumlah 27 orang dan siswa kelas VB yang berjumlah 26 orang.Data hasil belajar pada mata pelajaran matematika dikumpulkan dengan metode tes berbentuk pilihan ganda dan uraian. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial uji–t.Hasil penelitian ini menemukan bahwa: (1) deskripsi hasil belajar matematika pada siswa kelompok kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional tergolong sedang. (2) deskripsi hasil belajar matematika pada siswa kelompok eksperimen dengan menggunakan MEAstergolong tinggi. (3) terdapatperbedaan yang signifikan hasil belajar matematika pada siswa kelas V di SDN 1 Baturiti antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan MEAs dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.Dengan demikiandapat diinterprestasikan model pembelajaran MEAs berpengaruh terhadap hasil belajar dalam mata pelajaranmatematika pada siswa kelas V semester genap tahun pelajaran 2012/2013 di SDN 1 Baturiti.
Kata kunci: MEAs, hasil belajar matematika
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)