PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEKNIKTALKING CHIPS TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD DI GUGUS 1 PUPUAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.850Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajarantekniktalking chips dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada hasil belajar IPS siswa kelas V SD Di Gugus 1 Kecamatan Pupuan Kabupaten Tabanan Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri yang ada di gugus 1, Kecamatan Pupuan yang berjumlah 186 orang. Sedangkan sampel penelitianberjumlah 58 orang, yaitu siswa kelas V SD Negeri 3 Bantiransebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SD Negeri 2 Pupuan sebagai kelas kontrol. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik random sampling. Data hasil belajar IPSsiswa dikumpulkan dengan menggunakan tes essay. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t).Berdasarkan analisis data, siswa yang mengikuti pembelajaran dengan tekniktalking chips nilai rata-ratanya 31,30, sedangkan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional nilai rata-ratanya 26,71. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t diperoleh sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajarantekniktalking chips dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada hasil belajar IPS siswa kelas V SD Di Gugus 1 Kecamatan Pupuan Kabupaten Tabanan Tahun Pelajaran 2012/2013.
Kata-kata kunci: talking chips dan hasil belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)