PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MOODY DENGAN MEMANFAATKAN CERITA RAKYAT TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS IV SDN 1 UBUD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.855Abstract
Abstrak
Penelitian ini mengangkat tentang kesulitan siswa dalam menulis karangan narasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis karangan narasi dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelompok kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, deskripsi keterampilan menulis karangan narasi dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelompok eksperimen dengan model pembelajaran Moody dengan memanfaatkan cerita rakyat, dan perbedaan yang signifikan model pembelajaran Moody dengan memanfaatkan cerita rakyat terhadap keterampilan menulis karangan narasi dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV semester II Tahun Pelajaran 2012/2013 di SDN 1 Ubud. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dan menggunakan desain non- equivalent post-test only control group design. Jumlah keseluruhan populasi adalah 117 siswa. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas IVB yang berjumlah 39 orang dan siswa kelas IVC yang berjumlah 38 orang. Tehnik pengambilan sampel adalah tehnik random sampling, tetapi yang dirandom adalah kelas. Data dikumpulkan dengan instrumen tes menulis terpadu berbentuk uraian. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian ini menemukan bahwa skor keterampilan menulis karangan narasi pada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional cenderung sedang. Skor keterampilan menulis karangan narasi pada siswa yang mengikuti pembelajaran Moody dengan memanfaatkan cerita rakyat cenderung tinggi. Dan terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV SDN 1 Ubud dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran model Moody dengan memanfaatkan cerita rakyat dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional.
Kata kunci: moody, cerita rakyat, keterampilan menulis
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)