PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CLMMS (COOPERATIVE LEARNING TYPE MURDER WITH METACOGNITIVE SCAFFOLDING) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD KELURAHAN BANYUNING
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.857Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran CLMMS dan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment), dengan desain non-equivalent post test only control group desain. Populasi penelitian adalah seluruh kelas IV SD Kelurahan Banyuning tahun pelajaran 2012/2013. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling dan diperoleh siswa kelas IVa SD N 2 Banyuning sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 23 orang dan siswa kelas IVb SD N 2 Banyuning sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 26 orang. Data hasil belajar IPA siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda yang diperluas. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar IPA siswa kelompok kontrol tergolong tinggi dengan rata-rata (M) 19,75. (2) Hasil belajar IPA siswa kelompok eksperimen tergolong sangat tinggi dengan rata-rata (M) 22,67. (3) Terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di Kelurahan Banyuning antara kelompok siswa belajar dengan menggunakan model pembelajaran CLMMS dengan kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional (thitung > ttabel ; thitung = 4,70 dan ttabel = 2,021).
Kata kunci: CLMMS, hasil belajar IPA
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)