PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STARTER EKSPERIMEN BERBASIS PENILAIAN PORTOFOLIO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV GUGUS VIII KECAMATAN ABANG
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.861Abstract
AbstrakSelama ini, yang menjadi penyebab rendahnya hasil belajar IPA di SD yaitu model
pembelajaran yang diterapkan bersifat konvensional, interaksi antara guru dan siswa
kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar pada
mata pelajaran IPA anatara siswa yang dibelajarkan dengan model starter eksperimen
berbasis penilaian portofolio dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran
konvensionala. Penelitian ini tergolong eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan
menggunakan desain non-equvalen post-test only control group. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas IV semester genap tahun pelajaran 2012/2013 di SD Gugus
VIII Kecamatan Abang Kabupaten Karangasem. Sekolah yang menjadi sampel penelitian
yaitu SD 7 Bunutan sebagai kelas eksperimen dan SD 3 Bunutan sebagai kelas kontrol.
Data hasil belajar IPA siswa dikumpulkan dengan instrumen tes berbentuk pilihan ganda.
Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik
inferensial (uji-t). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thit = 2,15 dan ttab (pada taraf
signifikansi 5%) = 1,671. Hal ini berarti bahwa thit > ttab, sehingga dapat diinterpretasikan
bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti
pembelajaran starter eksperimen berbasis penilaian portofolio dan siswa yang mengikuti
pembelajaran konvensional. Diketahui x kelompok eksperimen adalah 24,08 dan x
kelompok kontrol adalah 15,8. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran starter eksperimen berbasis penilaian portofolio berpengaruh terhadap
hasil belajar IPA siswa kelas IV semester genap tahun pelajaran 2012/2013 di SD Gugus
VIII Kecamatan Abang Kabupaten Karangasem.
Kata kunci: starter eksperimen, penilaian portofolio, hasil belajar
Downloads
Published
2013-01-08
How to Cite
I G. A. Tri Agustiana, N. W. R. P. I. K. D. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STARTER EKSPERIMEN BERBASIS PENILAIAN PORTOFOLIO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV GUGUS VIII KECAMATAN ABANG. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.861
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)